13 September 2008

Manfaat Puasa Bagi Sperma

TAK hanya bermanfaat bagi fungsi organ tubuh dan kesehatan, puasa juga mampu memberi kualitas baik pada sperma. Pasalnya, puasa mampu memblokir bakteri atau kuman serta virus dalam tubuh.

‘’Tidak mudahnya kuman, bakteri atau virus masuk ke tubuh, membuat puasa baik bagi kualitas sperma. Dengan puasa, kuman di dalam tubuh tak mampu bertahan hidup karena pencernaan diistirahatkan,’’ kata ahli seks RSU dr Soetomo Surabaya, dr Susanto Suyaatmadja SpAnd(K) kepada detiksurabaya.com saat dihubungi, Minggu (7/9/2008).

Bahkan, kata dia, manfaat puasa terhadap kesehatan tubuh pria justru lebih bagus dan tidak mengurangi terjadinya konsepsi hubungan suami istri.

Manfaat kesehatan saat puasa, jelas dia, justru meningkatkan fungsi organ reproduksi, menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh serta meningkatkan fungsi organ tubuh. Selain itu, memberi kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat, membebaskan tubuh dari racun, kotoran dan ampas yang bisa merusak kesehatan.

‘’Yang penting dilakukan pasangan suami istri tetap menjaga kebugaran saat puasa yakni, mengkonsumsi makanan gizi seimbang serta memperbanyak minum air putih,’’ tegasnya.

Atur waktu istirahat. Saat tubuh merasa kantuk berat, usahakan tidur beberapa menit di siang hari. Sebab hal ini dapat membantu memulihkan kesegaran tubuh dan melancarkan proses berpikir.(sumber : detiksurabaya.com)

Tidak ada komentar: