19 September 2008

Zat Asam buat Orang Hamil

PEREMPUAN hamil biasanya butuh banyak vitamin agar kesehatan diri dan janinnya terjaga. Di antara berbagai jenis vitamin, para ahli kebidanan Amerika Serikat menyarankan mengkonsumsi vitamin B. Zat ini bisa didapat dengan memakan buah-buahan maupun meminum kapsul atau pil vitamin. 

Khasiatnya amat ampuh. Zat asam yang terdapat dalam vitamin B diyakini mampu meredam risiko kerusakan saraf. Ini bisa terjadi pada ibu yang baru melahirkan karena vitamin dalam tubuhnya diserap oleh si bayi. Gejalanya antara lain sering pusing dan suka marah-marah. 

Itulah kesimpulan yang dirilis baru-baru ini oleh Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat Amerika setelah melakukan berbagai percobaan. Terbukti, pada orang yang mengkonsumsi 400 mikrogram zat asam dari vitamin B setiap hari, terjadi peningkatan daya tahan tubuh.

Zat asam juga mampu mencegah risiko kerusakan saraf sebesar 70 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi selama masa kehamilan. 

Wanita yang belum berniat hamil pun dianjurkan mengkonsumsi zat asam setiap hari. Tujuannya agar risiko kerusakan saraf dapat dicegah sedini mungkin. Zat ini bisa dicampur bersama makanan lain seperti roti, pasta, nasi, dan sereal. (Tempo mbm)

Tidak ada komentar: